Senin, 09 Juli 2012

Kepemimpinan Kepala Sekolah

Kepemimpinan Kepala Sekolah; Kepemimpinan Kepala Sekolah adalah cara atau usaha Kepala Sekolah dalam mempengaruhi (influence), mendorong (push), membimbing (guide), mengarahkan (direct) dan menggerakan (motivate) guru, staf, siswa, orang tua siswa dan pihak lain yang berkaitan untuk bekerja/berperan serta guna mencapai visi, misi dan tujuan yang telah ditetapkan. Ada beberapa aspek yang harus dimiliki dalam Kepemimpinan Kepala Sekolah yaitu; a. Memiliki kepribadian yang kuat, b. Mampu memahami kondisi anak buah dengan baik meliputi guru, karyawan serta murid, c. Memiliki dan memahami visi, misi dan tujuan sekolah, d. Mampu mengambil keputusan yang tepat, dan
e. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Seorang Kepala Sekolah yang kepemimpinanyang kuat dapat dilihat dari indikasi sebagai berikut: Jujur, Percaya Diri, Bertanggungjawab, Memahami kondisi guru, karyawan dan siswa, Memiliki visi yang jelas, Mampu mengambil keputusan untuk internal dan eksternal sekolah, Mampu berkominukasi secara lisan dengan baik dan, Mampu menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan dengan baik.

Kepala Sekolah bertanggung jawab atas lembaga yang dipimpinnya untuk melaksanaan bebagai kegiatan, mengelola berbagai masalah yang berhubungan dengan pelaksanaan administrasi sekolah, pembinaan sarana dan prasarana, sehingga Kepala Sekolah dituntut mampu menunjukkan kinerja (work performance) yang ditopang oleh derajat penguasaan kompetensi yang memadai, oleh karena itu perlu adanya upaya yang komprehensif guna meningkatkan kompetensi kepala sekolah untuk mewujudkan sekolah yang bermutu. (dari berbagai sumber)